Road Test PT. RAPI Mercedes-Benz OH1626

Perusahaan otobus asal kota Medan, PT. RAPI kembali memperkuat line-up armada mereka, masih sama dengan rilisan sebelumnya PO ini mempercayakan pengerjaan bodi ke Karoseri Laksana Ungaran Jawa Tengah, model bodinya sama dengan Arjuna dan Bhima yang sudah rilis beberapa bulan lalu, yang jadi pembeda 4 unit armada yang dibajukan bodi Legacy HD Prime mengadopsi konsep modular untuk mengimbangi chassis OH1626 yang digunakan.



Armada dengan suspensi udara bukan cerita baru untuk PT. RAPI, beberapa tahun lalu manajemen pernah memboyong pulang 9 unit Mercedes-Benz O500R 1836 ke garasi Medan, rilisannya dibagi dalam dua kelompok, pertama rombongan Xcelsior dan kedua Xorrento.

Tanggal 30 Agustus 2019 kemarin saya dihubungi bahwa pasukan OH1626 sudah tiba di Jambi, hitungan harinya cukup cepat menurut saya untuk ukuran 1 orang pengemudi, seperti biasa tiap RAPI jemput unit ke Laksana pengemudinya selalu main tunggal.


Dua dari mereka diberi nama tokoh pewayangan, setelah sebelumnya sudah ada Arjuna dan Bhima dengan bodi serupa, kali ini formasinya semakin lengkap dengan datangnya Nakula dan Sadewa, sayangnya kehadiran mereka tidak melengkapi tokoh Pandawa 5, masih ada satu nama yang kurang.. Yudhistira yang entah akan dirilis atau tidak. Berbeda dengan Nakula dan Sadewa ada lagi 2 nama yang dibawa pulang kemarin, Prometheus dan Poseidon, dari nama-namanya sudah terasa aksen Yunani, dalam keluarga besar PT. RAPI nama-nama seperti ini memang sudah tidak asing lagi.. seperti Zeus dan Athena.

Setelah semalam menginap di Jambi, kuartet Legacy HD Prime kembali bergerak melanjutkan perjalanan pulang mereka, masih ada kurang lebih seribu kilometer lagi untuk sampai ke garasinya di Medan sana, saya yang sudah sering bergabung dengan konvoi mereka kemarin diajak lagi untuk mencoba armada ini.

Rencana awal saya akan bergabung sampai ke Pekanbaru, tapi setelah menimbang waktu.. perhentian yang paling ideal adalah Pelabuhan Dagang, sebuah kawasan yang masih masuk dalam wilayah Provinsi Jambi sekaligus menjadi lokasi istirahat makan siang kami.

Bagian interior Nakula, Sadewa dan kawan-kawan bukan jadi fokus saya kali ini, karena sudah diwakilkan oleh Arjuna dan Bhima dikesempatan sebelumnya, interior dan bodi mereka sama persis, hanya saja ada perbedaan warna di spion dan rangka yang terpasang, jika di Arjuna OH 1526.. di rombongan Nakula semuanya menggunakan rangka Mercedes OH 1626.

Secara keseluruhan armada ini cukup nyaman, terutama untuk suspensi 1626 yang terkenal lembut, malah jauh lebih anteng dari O500R 1836, hanya saja mungkin karena sangking lembutnya pengemudi harus pintar mengambil momen bila melewati jalan bergelombang atau saat melibas tikungan cepat.

Untuk tenaganya cukup meyakinkan tapi mungkin akan lebih responsif lagi jika sudah dilakukan pengaturan ulang saat tiba di Medan, karena kemarin terkadang agak terasa kurang responsif bila dalam posisi bola tanggung.

Mungkin itu saja yang bisa saya rangkum dari trip kemarin, selamat untuk armada barunya.. semoga dengan terus rilisnya unit-unit baru milik RAPI, servis dan pelayanan untuk penumpang juga semakin baik.


Salam,
JD

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Road Test PT. RAPI Mercedes-Benz OH1626"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel