Semakin praktis.. semakin malas..

Semakin praktis.. semakin malas..

Apa rerata sifat manusia memang demikian atau hanya saya yang mengalami?


Tanpa terasa web ini online hampir 2 tahun, domainnya selalu diperpanjang sebelum jatuh tempo, tapi anehnya setahun belakangan sama sekali tidak ada aktivitas yang dilakukan disini, bahkan sekedar mengganti script untuk update video terbaru di youtube pun tidak dilakukan.. Kenapa begitu?


Mungkin.. Bisa jadi saya terlalu asyik dengan "mainan" disebelah yang bisa dibilang jauh lebih praktis.. tinggal ketik pada kolom pencarian lalu semua video yang kita cari atau nyambung dengan kata kunci akan bermunculan bahkan sampai dengan topik-topik yang tidak relevan pun tetap masuk dalam algoritma pencariannya.


Entah juga apakah perkembangan dunia digital memang sudah semestinya seperti ini, atau malah arus teknologi informasi saat ini kebablasan dan secara tidak langsung mengubah habit tiap orang dalam mencari dan menyajikan informasi terutama bagi generasi milenial, pembahasannya berat ini.. anggap saja truk intercooler yang sedang sarat muatan.


Masih ingat sekali bagaimana sekitar 5 - 10 tahun lalu menggali informasi bukanlah hal yang mudah akibat keterbatasan sumber dan akses informasi digital, meski begitu orang-orang tidak patah arang untuk mencari informasi terbaru dan hebatnya hasil yang didapat cukup berbobot, sekarang semua jadi lebih mudah tapi semakin ada tantangan tersendiri juga karena untuk mendapatkan informasi yang sahih wajib melakukan validasi ulang apakah sebuah berita benar adanya akibat menjamurnya berita-berita sampah.


Kalimat "perkembangan informasi secara digital" saat ini tanpa disadari sering menjadi pembenaran oleh mereka yang mencari informasi hanya bermodal search engine, hasil apapun dianggap valid tanpa perlu diverifikasi, padahal jika mau buka-bukaan banyak pakar study saat ini yang menyatakan bahwa salah satu ciri informasi berharga dan otentik adalah informasi yang didapat langsung dari sumber, yang tidak ada dimesin pencari dan tidak bersifat artificial.


Apakah kedepan "kendaraan" khusus corat coret ini (baca:website) masih memiliki ruang seperti dulu didunia yang telah membesarkan namanya walaupun saat ini secara tidak langsung trend teknologi menggerus kejayaannya, dengan perkembangan platform digital saat ini saya cukup khawatir dengan nasib website kedepan karena secara personal ada hal-hal yang tidak bisa ditemukan pada plaform lain.


Saya sangat menikmati bagaimana proses menulis itu terjadi, proses dimana imajinasi dituangkan kedalam kata-kata yang membentuk kalimat dan akan dibaca kembali untuk diterjemahkan ulang oleh siapapun dengan kerangka berpikir masing-masing, jikalau website tidak ada lagi atau ditinggalkan karena dianggap kuno.. saya takutnya untuk melampiaskan itu orang-orang akan menulis caption panjang di instagram sebagai pengganti media yang hilang. 


Tulisan dengan judul  "Makin praktis.. makin malas.." adalah pandangan pribadi selama berpindah-pindah "kendaraan" untuk terus membagikan cerita digital seputar kendaraan panjang dan mungkin juga ini bisa menjadi pengingat bahwasanya perkembangan teknologi informasi tak ubahnya pisau bermata dua, jika mau terus.. ikuti.. namun jangan sampai terlena karena tidak ada yang tahu apa yang akan ada didepan.. play safe.


Ngomong-ngomong sebenarnya saya ini nulis apa??.. Model begini jadi pembuka 2021? ah tak apalah, minimal bisa latihan nulis lagi.


Credit photo : Michael Cox